Tips Trik

Tips Hindari Cedera Bagian Kepala Saat Bermain Sepakbola

Sepakbola adalah sebuah cabang olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik badan. Tidak heran, risiko mengalami cedera cukup besar ketika memainkan jenis olahraga yang saat ini paling digemari di seluruh dunia. Terlebih, cedera pada bagian kepala, yang harus dihadapi oleh para pemain sepakbola diatas lapangan.

Cedera Kepala
Beberapa tips menghindari cedera kepala ketika bermain sepakbola

Cedera pada bagian kepala sendiri dapat dikategorikan ringan seperti lecet atau memar dan berat seperti keretakan pada bagian tengkorak yang tentu akan dapat mengakbitkan hal yang sangat fatal dan bahkan hingga gegar otak.

Salah satu kasus cedera di bagian kepala yang sangat terkenal di dunia sepakbola yakni cedera kepala yang harus dialami oleh Petr Cech ketika dirinya masih membela Chelsea. Peristiwa fatal itu terjadi pada tahun 2006. Dimana, Cech mengalami tabrakan dengan salah satu pemain lawan.

Benturan tersebut ternyata mengakibatkan keretakan pada bagian tengkorak atau fractured skull. Beruntung, nyawa kiper berkebangsaan Republik Ceko itu dapat terselamatkan.

Sehingga, bagi kalian yang gemar bermain sepakbola, tentu harus selalu waspada akan bahaya cedera yang dapat kalian alami. Terkhusus pada bagian vital seperti di bagian kepala.

Nah, berikut ini sejumlah tips yang dapat kalian terapkan saat bermain sepak bola, agar dapat menghindari cedera terkhusus pada bagian kepala.Bagaimana Cara Tepat Untuk Terhindar Dari Risiko Cedera Kepala Ketika Bermain Sepakbola?

Petr Cech
Petr Cech selalu mengenakan helm ketika bermain sepakbola, guna menghindari terulangnya cedera kepala yang pernah dialaminya pada tahun 2006
  • Kenakan Alat Pelindung Kepala

Bagi kalian para penikmat kompetisi antar klub di tanah Inggris atau Liga Primer Inggris yang dikenal sebagai liga paling bergengsi di Eropa. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan Petr Cech yang kini membela Arsenal. Kiper berusia 33 tahun itu selalu mengenakan helm di setiap laga.

Sejak dirinya mengalami cedera pada tahun 2006, akibat berbenturan dengan pemain lawan. Cech diwajibkan untuk memakai helm, demi menjaga kepalanya dari benturan yang dapat mengakibatkan hal fatal.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para dokter profesional. Penggunaan headgear atau helm dapat mengurangi efek dari suatu benturan pada bagian kepala. Terlebih lagi, berdasarkan informasi dari Delaney et al, bahwa posisi penjaga gawang merupakan posisi pemain yang sangat berisiko untuk mengalami cedera kepala.

Hal itu yang membuat dokter spesialis mewajibkan bagi Cech untuk selalu menggunakan helm saat pertandingan. Tentu dengan tujuan untuk menghindari terulangnya cedera di bagian yang sama.

Kalian pun dapat mengenakan headgear yang serupa ketika bermain sepakbola. Selain itu, kalian juga dapat mengenakan pelindung mulut atau mouthguard yang berguna untuk menghindari cedera bagian rahang dan wajah.

  • Hindari Beberapa Teknik Berbahaya

Walaupun kalian telah mengenakan beberapa pelindung ketika bermain sepakbola. Bukan berarti kalian akan terhindar dari risiko cedera. Bermain sepakbola dengan beberapa teknik yang dapat membahayakan diri sendiri, juga dapat mendapatkan cedera, terlebih pada bagian yang sangat vital, yakni kepala.

Hal itu sangat perlu ditekankan bagi para pemain sepakbola pemula. Bagi pesepakbola pemula, ada baiknya jangan terlalu sering menyundul bola. Berlatihlah untuk menyundul bola dengan timing dan cara yang tepat. Tentu sebaiknya ketika latihan, diawasi oleh pelatih profesional.

Gunakan Ukuran Bola Yang Sesuai Untuk Menghindari Cedera Kepala

Selain menggunakan beberapa peralatan pelindung dan menghindari beberapa teknik yang dapat membahayakan diri sendiri dan pemain lawan. Hal lain yang sebaiknya kalian perhatikan ketika bermain sepakbola, guna menghindari cedera terkhusus di bagian kepala adalah dengan menggunakan ukuran bola yang sesuai standar.

Ukuran Bola
Gunakan ukuran bola yang sesuai, guna menghindari cedera terkhusus pada bagian kepala

Sebagai informasi, bagi kalian yang masih dibawah umur 10 tahun, bola yang digunakan harus berukuran 3. Sementara kalian yang berusia antara 10 hingga 14 tahun, diwajibkan menggunakan bola dengan ukuran 4. Sedangkan bola ukuran 5 hanya diperbolehkan untuk digunakan bagi kalian yang berusia 14 tahun keatas.

Tags: , ,