Tips Trik

Kalian Cepat Merasa Lelah Saat Bermain Bola? Simak Tips Berikut Ini!

Sepakbola merupakan jenis kegiatan yang mengandalkan kekuatan fisik dan menguras tenaga dalam tubuh. Permainan sepakbola sendiri dimainkan dalam durasi 2×45 menit. Terlebih, waktu istirahat hanya diberikan selama 15 menit saja.

Namun, ketika kita melihat pemain-pemain dengan tahan fisik yang bagus seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Alexis Sanchez. Bahkan Zlatan Ibrahimovic yang telah menginjak usia ke 35 tahun, mereka semua terlihat tidak merasa kelelahan saat bermain sepakbola. Padahal, saat berada diatas lapangan sepakbola, para pemain terus bergerak.

Merasa Lelah Saat Bermain Sepakbola
Kalian cepat merasa lelah saat bermain sepakbola? Simak tips berikut ini!

Sebaliknya, saat kalian bermain sepakbola, kalian justru cepat merasa lelah. Sehingga, tentu kalian ingin memiliki daya tahan tubuh yang tahan. Seperti para pemain-pemain profesional. Nah, oleh karena itu, mari simak tips-tips berikut ini yang akan membuat daya tahan tubuh kalian tetap prima sepanjang pertandingan berlangsung.

Latihan Daya Tahan Fisik

Latihan daya tahan tubuh
Latih daya tahan tubuh dengan melakukan kegiatan seperti pemanasan dan lain sebagainya
  • Pemanasan Sebelum Latihan Secara Dinamis

Upaya pertama untuk meningkatkan daya tahan fisik tubuh bagi para pemain sepakbola tentunya dengan melakukan pemanasan secara dinamis. Selain itu, pemanasan juga dapat mengurangi risiko cedera yang dapat dialami ketika diatas lapangan.

Dalam melakukan pemanasan, sebaiknya memperhatikan gerakan dan kecepatan dari pemain lain. Adapun bentuk pemanasan dinamis dengan baik diantaranya, twisting, cutting, skipping, quick starts dan lain sebagainya.

Manfaat dari melakukan pemanasan ini adalah meningkatkan suhu tubuh dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan demikian, daya tahan tubuh kalian secara perlahan meningkat.

  • Lakukan Lari Santai Demi Daya Tahan Aerobik

Setelah kalian melakukan pemanasan ringan secara dinamis. Langkah berikutnya adalah melakukan lari santai atau jogging dalam kurung waktu 10 hingga 15 menit, demi menunjang latihan fisik. Lakukan lari dengan interval dalam set pendek maupun panjang. Hal itu bertujuan untuk melemaskan otot-otot dalam tubuh. Sehingga memperkecil risiko cedera.

  • Latihan Meningkatkan Kecepatan

Untuk meningkatkan kecepatan sekaligus daya tahan tubuh, lakukan dengan cara berlari. Kalian bisa menggunakan relay maupun mengadu kecepatan dengan pemain lainnya, supaya lebih kompetitif. Kalian juga dapat menggunakan bola dalam melakukan langkah ketiga ini.

  • Beri Waktu Istirahat Yang Cukup

Kalian jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat selama melakukan rangkaian kegiatan diatas. Waktu istirahat sebaiknya berdurasi tidak lebih dari 15 menit di setiap sela kegiatan. Dengan memberikan jeda istirahat, maka akan mengembalikan energi dalam tubuh dan merenggangkan otot.

  • Atur Pola Minum

Perlu diketahui, bahwa pola minum saat melakukan kegiatan meningkatkan daya tahan tubuh sangat berpengaruh. Ada baiknya, kalian meminum dengan takaran yang pas sebelum bertanding. Jarak interval minum yang disarankan adalah antara 15 hingga 20 menit selama melakukan latihan.

Dengan mengatur pola minum, maka dapat mengurangi dehindrasi yang dapat mengakibatkan kram dan tentu tetap menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

Jaga Asupan Nutrisi

Selain melakukan latihan daya tahan tubuh secara intensive. Kalian juga harus tetap memenuhi nilai nutrisi dalam tubuh dengan memperhatikan nilai-nilai yang terkandung setiap mengkonsumsinya. Mulai dari nilai protein, kalsium, karbohidrat dan nilai lainnya.

Asupan Nutrisi
Jaga asupan nutrisi dalam tubuh supaya daya tahan tetap prima

Jenis makanan yang sebaiknya kalian konsumsi adalah makanan yang sehat dan fresh. Seperti diantaranya ikan, daging, dan jangan lupa untuk memakan sayur-sayuran serta beragam jenis buah. Sehingga, kondisi tubuh tetap terjaga dan tetap kuat.

Demikianlah cara-cara tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Jangan lupa untuk melakukan latihan tersebut dalam program waktu yang tepat. Sebaiknya konsultasikan dahulu bersama dokter pribadi kalian dalam menentukan program waktu.

Tags: , ,